Minggu, 11 Desember 2011

PROFIL UMUM


Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong
Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang keberadaannya sudah sejak lama di Indonesia, bahkan jauh sebelum Kemerdekaan Bangsa kita. Dan sampai saat ini keberadaan lembaga yang menyediakan pendidikan dan bimbingan kepada anak didiknya 24 jam ini juga masih eksis bersaing dengan menjamurnya lembaga dan sistem pendidikan modern atau yang semi modern.
Sementara Pondok Pesantren masih bertahan dengan sistem yang sudah dimiliki puluhan tahun, namum tidak sedikit pondok pesantren yang mulai menambah dan mengubah sistem salafinya dengan sistem yang dipadukan dengan sistem pendidikan modern dan pendidikan kejuruan.
Sebuah lembaga pendidikan, tentunya amat membutuhkan berbagai sarana dan prasarana, begitu juga Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong Kepung Kediri.
Diharapkan dengan adanya lembaga – lembaga pendidikan yang dibawah naungan YAPPRU peningkatan pelayanan pendidikan masyarakat dan segenap generasi muda sebagai obyek pembangunan bangsa menuju kesejahteraan masyarakt dan umat pada umumnya dapat kita wujudkan dalam kehidupan di dunia ini dan pada akhirnya akan mengantarkan kepada mereka dalam kehidupan yang tanpa batas waktu yaitu kehidupan di akhirat.
Dan diharapkan segenap komponen bangsa yang ada, bisa menikmati fasilitas kehidupan yang telah disediakan oleh Yang Maha Kuasa, dan akan terwujud kondisi kehidupan masyarakat yang aman, damai, tentram dan menjadi sebuah negara yang baldatun thoyyibatun wa Rabbun ghofur.
Yayasan Pondok Pesantren Putra Putri Raudlatul Ulum ( YAPPRU ) merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang bertujuan mempersiapkan generasi muslim masa depan yang tangguh dan siap menghadapi realitas sosial. Sekaligus sebagai wadah pemberdayaan masyarakat sekitar yang berada di Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Propinsi Jawa Timur.
Yayasan Pondok Pesantren Putra Putri Raudlatul Ulum didirikan pada tahun 1951 Masehi, oleh K. Sholhah, KH. Ahmadi, KH. Abdul Hadi dan KH. Zamrodji, yang mana empat perintis dan pendiri tersebut adalah putra dari KH. Syairozi.
Kegiatan Yayasan Pondok Pesantren Putra Putri Raudlatul Ulum yang utama dan sangat dominan adalah pengajaran, pendalaman dan usaha pengamalan ajaran-ajaran agama sesuai dengan aturan Alloh Ta’ala dan tuntunan Rasul-Nya, materi pengajaran agama yang diajarkan di Yayasan Pondok Pesantren Putra Putri Raudlatul Ulum adalah mulai tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat tinggi.
Disamping kegiatan pendidikan dan pengajaran ilmu agama, Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum juga menyelenggarakan berbagai pelatihan keterampilan. Sedangkan tujuan diselenggarakannya pelatihan-pelatihan tersebut untuk membekali segenap santri dalam rangka menggali dan mengembangkan minat dan bakat para santri. Bentuk usaha pelatihan tersebut diantaranya : sektor pertanian, peternakan, perikanan, pertukangan, managemen dan koperasi.
Semua itu dilatar-belakangi oleh temuan dan kajian di lapangan, bahwa alumni Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong Kepung Kediri sangat dibutuhkan oleh segenap masyarakatnya, dan banyak menjadi tumpuan dan rujukan mereka dalam segala hal, baik masalah keagamaan, pendidikan, sosial, ekonomi, politik dan hal-hal lain yang sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat.
Melihat respon dan animo masyarakat terhadap keberadaan para alumni sedemikian tinggi, maka kami memandang perlu bahkan  merupakan sebuah keharusan bagi kami untuk membekali para santri dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan usaha perekonomian modern. Sehingga usaha kami tersebut diharapkan mampu membantu dan bisa menopang kelestarian keberadaan fungsi lembaga pondok pesantren dan pengembangannya, serta dapat membantu peningkatan kehidupan kelompok masyarakat yang menjadi sasaran program kegiatan ini dan kepada masyarakat di sekitarnya.
Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum merupakan salah satu pondok pesantren tua yang ada di daerah Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dan sekitarnya, dan merupakan lembaga yang mandiri, yang banyak berperan aktif dalam usaha pemberdayaan masyarakat, baik di bidang keagamaan, pendidikan anak-anak, generasi muda dan para orang tua, bahkan ikut berpartisipasi pula dalam usaha penyembuhan / therapi bagi penderita sakit kejiwaan dan yang potensi ketergantungan dengan Narkoba, juga bidang sosial maupun di bidang perekonomian. Hal ini bisa dilihat dari peran aktif Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum dalam bidang-bidang tersebut, yang banyak memberikan kontribusi positif secara internal kepada masyarakat pesantren ( keluarga pengasuh, santri maupun alumni ) dan secara eksternal ( masyarakat sekitar pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya ).
Saat ini Yayasan Pondok Pesantren memiliki beberapa departemen internal pondok, yang secara intensif bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing, diantaranya ; Depertemen Pendidikan, Departemen Penelitian dan Pengembangan, Departemen Keamanan, Departemen Pertanian, Departemen Perekonomian dan Departemen Kesejahteraan Umum. Dari departemen yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, yang memiliki nilai out put yang banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar secara langsung dan kasat mata adalah departemen pertanian dan departemen perekonomian, Departemen Perekonomian telah mampu mendirikan sebuah Koperasi Darun Najah dan sudah berbadan hukum yang mengembangkan usaha perdagangan umum dan jasa komunikasi & informasi. Sedangkan departemen pertanian mengembangkan pertanian secara intensif dalam pengelolaan tanah-tanah waqfiyyah milik Yayasan Pondok Pesantren, yang mana hasil dari olah pertanian tersebut mampu membantu kebutuhan pondok pesantren serta banyak menyerap tenaga dan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.
Yayasan ini dinamakan : YAYASAN PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM  KENCONG yang selanjutnya disingkat  ” YAPPRU ”
YAPPRU ” didirikan pada tanggal dua, bulan Januari, tahun seribu sembilan ratus delapan puluh Masehi, bertepatan dengan tanggal empat belas, bulan Shofarul Khoir, tahun seribu empat ratus Hijriyyah. dan didirikan untuk waktu yang tidak terbatas.
” YAPPRU ” ini berkedudukan di Kabupaten Kediri dan berkantor Pusat di Pondok Pesantren ” RAUDLA-TUL ULUM ” di Dusun Kencong Barat, Desa Kencong, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.
” YAPPRU ” sebagai organisasi / yayasan yang mempunyai visi, misi dan kebijakan dan langkah-langkah usahanya berpedoman dan beraqidah Islamiyah menurut faham Ahlissunah wal-Jama’ah, serta mengikuti salah satu madzhab empat.
” YAPPRU ” dalam berbangsa dan bernegara berazaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan dan Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

UNIT PENDIDIKAN
YAYASAN PONDOK PESANTREN 
"RAUDLATUL ULUM KENCONG"
Kencong Kepung Kediri

  1. Pondok Pesantren Putra Raudlatul Ulum
  2. Pondok Pesantren Putri Raudlatul Ulum
  3. Pondok Pesantren Putra Raudlatul Ulum Al-Jazuli
  4. Pondok Pesantren Putri Raudlatul Ulum al-Qur’any
  5. Majelis Ta’lim Raudlatul Qur’an
  6. Lembaga Bahtsul Masa’il & Perpustakaan al-Kinjany
  7. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Azizi
  8. RA Kusuma Mulya IV
  9. Madrasah Ibtidaiyah Nidhomiyah
  10. Madrasah Diniyah Ibtidaiyah Nidhomiyah
  11. Madrasah Diniyah Tsanawiyah Nidhomiyah
  12. Madrasah Diniyah Aliyah Nidhomiyah
  13. Pondok Singgah dan Pesantren Rehabilitasi Sapu Jagad
  14. Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Qodiriyyah wan-Naqsyabandiyyah
  15. Pesantren Lanjut Usia ( Putri )
  16. HIMAYAPPRUK (Himpunan Alumni Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Kencong)
sedikit uraian dari kami jika ada masukan kami sangat berterimakasih. 
Share this article

0 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top