Senin, 06 Januari 2014

PENGERTIAN, PENTINGNYA DAN FUNGSI BAHASA ARAB

 Pengertian bahasa Arab
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri, percakapan (perkataan) yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun,
baik budinya, menunjukkan bangsa, budi bahasa atau perangai serta tutur kata menunjukkan sifat dan tabiat seseorang (baik buruk kelakuan menunjukkan tinggi rendah asal atau keturunan).
[Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1997, hlm:77]
Arab adalah nama bangsa di Jazirah Arab dan timur tengah. [Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1997, hlm:62]
Jadi dapat kami ambil kesimpulan bahwa Bahasa Arab adalah tutur kata yang digunakan oleh bangsa di jazirah arab dan timur tengah.
 Pentingnya Bahasa Arab
Bertapa pentingnya bahasa Arab bagi manusia kiranya tidak perlu diragukan lagi. Hal itu dapat dibuktikan dengan menunjukan pemakaian bahasa dalam segi sehari-hari, lebih-lebih bahasa arab yang selalu kita pakai dalam melaksanankan ibadah, seperti halnya sholat jika kita mengetaui arti dari apa yang kita ucapkan juga akan menambah kekhususan dalam sholat, haji jika kita paham dengan bahasa arab kita juga akan mudah berkomunikasi dengan orang arab ketika berkomunikasi dengan orang arab ketika haji.
Selain itu dalam bahasa arab memiliki tata bahasa yang sangat sulit sehingga banyak pakar ilmuan membahas tetang tata bahasa arab yang bertujuan tuntuk lebih memudahkan kita dalam mendalami pemahaman Alqur’an dan hadis yang kesemuanya memakai bahasa arab, Al-qur’an dan hadis merupakan sumber hukum yang paten sehingga kita dituntut untuk memami bahasa arab. Seperti sabda nabi :
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :تركت فيكم شيئين لن تضلوا ما تمسكتم بهما كتاب الله و سنة رسوله
” Aku tinggalkan untukmu semua, dua perkara jika kalian semua berpegang teguh dengannya maka kamu semua tidak akan sesat yaitu Al-Qur’an dan Hadits”. [Rohman Jalaluddin Abdul, 2004, hlm:130]

Fungsi Bahasa Arab
Sebelum menjelaskan fungsi bahasa arab, kami akan menjelaskan gambaran secara umum fungsi bahasa. Dalam literatur bahasa, para ahli umumnya merumuskan fungsi bahasa bagi setiap orang ada empat, yaitu :
1.      Sebagai alat berkomunikasi
2.      Sebagai alat mengekspresikan diri
3.      Sebagai alat berintregrasidan beradaptasi sosial
4.      Sebagai alat kontrol sosial. [Lamuddin finoza,  2005, hlm:2]

Sesungguhnya bahasa Arab adalah dari agama, sebagaimana perkataan Ibnu Taimiyah Rokhimahullah: " Diketahui sesungguhnya belajar bahasa Arab dan mengajarkannya adalah fardlu kifayah". Dan beliau juga berkata: " Sesungguhnya bahasa Arab adalah agama, dan mengetahuinya adalah fardlu (wajib), dan sesungguhnya pemahaman kitab dan sunnah adalah fardlu, dan tidak bisa difahami kecuali dengan bahasa Arab, dan sesuatu yang wajib tidak akan terselesaikan kecuali dengan yang wajib maka hukumnya adalah wajib".
Kalau kita cermati sebenarnya ada satu lagi fungsi bahasa yang selama ini kurang disadari oleh sebagian anggota masyarakat, yaitu sebagai alat untuk berfikir. Seperti kita ketaui, ilmu tetang cara berfikir adalah logika. Dalam proses berfikir, bahasa selalu hadir bersama logika untuk merumuskan konsep, proposisi, dan simpulan. Segala kegiatan yang menyangkut perhitungan atau kalkulasi, pembahasan atau analisis, bahkan berangan-angan atau berkhayal, hanya dimungkinkan berlangsung melalui proses berfikir disertai alatnya yang tidak lainya adalah bahasa.
Sejalan dengan uraian diatas dapat diformulasikan bahwa makin tinggi kemampuan berbahasa seseorang, makin tinggi pula kemampuan berfikirnya. Makin teratur bahasa seseorang, makin teratur cara berfikirnya. Dengan berpegangan pada formula itulah penulis berani mengatakan seseoarng tidak mungkin menjadi intelektual tanpa menguasai bahasa.
Share this article

2 Tinggalkan jejak:

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 RAUDLATUL ULUM KENCONG • All Rights Reserved.
back to top